Pages

Cara Membuat Sepatu Ala Home Industri

Cara Membuat Sepatu Bagi Pemula
Sepatu merupakan alas kaki sekaligus salah satu barang fashion untuk seseorang, sepatu merupakan barang yang sederhana namun tidak banyak orang yang bisa membuat sepatu.
Pada dasarnya semua orang bisa membuat sepatu seandainya dia mau belajar dan tekun dalam membuat sepatu, karena dalam membuat sepatu orang harus mempunyai keterampilan didalamnya dan nilai plus bagi orang yang suka seni karena dalam desain sepatu kita bisa membuat pola dengan bagus.

Dalam pemembuatan sepatu kita harus siapkan barang dan bahan untuk membuat sepatu itu sendiri. Usahakan beli ditempat khusus penjualan barang dan bahan sepatu. Disini saya akan menerangkan Cara Pembuatan Sepatu Kelas Home Industri, dan oleh karenanya kita tidak perlu menggunakan mesin-mesin sepatu berat dan mahal.

Barang dan bahan yang diperlukan adalah

Barang
Cetakan sepatu dari kayu/plastik yang menyerupai kaki
Mesin seset, jika bahan sepatu tebal seperti kulit tebal dan bahan imitasi lainnya
Palu khusus pembuatan sepatu
Tang jepit
Paku khusus pembuatan sepatu
Kompor dan minyak tanah
Open sederhana
Mesin Gerinda jika sepatu terbuat dari kulit
Pisau seset (pangot)
Mesin jahit

Bahan
Kulit atau bahan lain yang bisa dibentuk menjadi kap sepatu
Lem kuning
Lem putih
Kertas pengeras
Bensin
Sol sepatu
Benang nilon
Pen khusus
Bontek (alas dalam untuk pasangan penempelan kap sepatu)

*Belilah bahan dan barang ditoko khusus penjualan bahan sepatu dikota anda.

Setelah bahan dan barang sudah komplit, mulailah dengan membuat model sepatu yang sesuai dengan bentuk dari cetakan sepatu Anda, bisa buka disini CARA MEMBUAT MODEL SEPATU. Jika model sudah jadi maka akan didapat pola atau potongan cetakan kertas untuk membuat pola sepatu.


Berikut langkah-langkah cara membuat sepatu

  1. Pertama mulailah pola digambar dengan pen khusus dibahan yang akan dijadikan sepatu (Kap sepatu), setelah digambar, bahan dipotong-potong mengikuti garis gambar pola sepatu. Potongan – potongan disatukan dan dijahit dengan benang nilon sesuai pola yang ada hingga membentuk sepasang kap sepatu.Ingat jika bahan/kulit lebih tebal maka bagian yang akan kena jahitan harus di seset dengan mesin seset supaya bagian ini menjadi rata dan tidak menonjol dengan bagian lainnya.
  2. Sekeliling bawah Kap sepatu di lem bagian pinggirnya dengan tinggi kurang lebih 5mm dengan lem kuning, dan bontek adalah seperti bahan kardus tebal yang digunting/dibentuk menyerupai sol sepatu untuk bagian dalam dan sekeliling pinggir bontek ini dilem kuning setelah itu dipaku dengan paku khusus pada cetakan sepatu.
  3. Kap sepatu sudah selesai dilem dan bontek juga sudah dilem dan dipaku ke cetakan sepatu, kemudian selanjutnya dipasang kertas pengeras di bagian depan dan belakang kap septu tujuannya supaya depan dan belakang sepatu nantinya bisa kaku, ingat sebelum kertas pengeras dimasukan ke dalam kap sepatu terlebih dahulu dibasahi dengan bensin supaya pengeras ini bisa lembek untuk sementara dan bisa di lem dengan lem kuning kemudian ditempel di bagian dalam kap sepatu. Kap yang sudah dipasang pengeras harus segera di masukan kedalam cetakan sepatu dan selanjutnya kap dipasang ke cetakan sepatu, lalu sekeliling kap sepatu ditarik kebawah dan ditempelkan ke bontek tadi dengan menggunakan tang khusus, kemudian dipalu supaya bahan/kulit dan bontek menempel dengan baik. Setelah berbentuk dan cetakan sudah berbalut bahan/kulit, simpanlah minimal 6 jam supaya lem dan pengeras sudah bekerja maksimal.
  4. Setelah 6 jam, dan biarkan seperti itu kemudian lihat bagian bawah hasil cetakan tadi apakah ada tonjolan-tonjolan bahan/kulit, jika ada segera ratakan dan rapikan dengan pisau seset (pangot).
  5. Siapkan sol sepatu dan selanjutnya dilem dengan lem putih, lem putih ini juga dioleskan pada bagian bawah kap sepatu hasil cetakan tadi, dan keadaan cetakan masih berada didalam kap sepatu. Biarkan lem putih ini kering (kurang lebih 10-15 menit) pada sol dan bawah kap sepatu
  6. Sol dan kap bawah sudah dilem lalu bersiaplah untuk menempelkan antara kap bawah dan sol. Sebelum ditempelkan nyalakan kompor dan simpan diatasnya alat open sederhana. Lalu sol di open sebentar kurang lebih 1 menit tergantung besar kecilnya api, jika sol sudah mulai lentur maka ambil dan tempelkan pada bagian bawah kap yang terdapat pada cetakan sepatu. Bagian pemasangan Sol adalah bagian tersulit jika masih dalam tahap belajar.

Itulah penjelasan singkat Cara Pembuatan Sepatu Kelas Home Industri, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurang jelasan dari artikel ini, demikian terimakasih.

43 komentar:

Unknown said...

thanks infonya.. :)

Unknown said...

info yang sangat menarik, silakan berkunjung ke Kabupaten Magetan untuk melihat proses Kerajinan Sepatu Kulit Asli Magetan, atau silalakan berkunjung ke web Sepatu Kulit Asli Magetan http://www.sepatukulitmagetan.net

Unknown said...

Terima kasih Pak, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi tentang Cara Membuat Sepatu Ala Home Industri, ini sungguh sangat membantu saya untuk memecahkan masalah yang sedang saya hadapi. mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru. mungkin anda juga membutuhkan infomasi dari saya ANEKA RESEP MAKANAN BAYI

asbak kuning emas said...

bisnis laundry boss dengan : MESIN LAUNDRY

Unknown said...

makasi gan

Unknown said...

Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)
http://jellygamatgoldg31.com/

mulyanta said...

nice info gan, semoga ane bisa produksi...
jangan lupa mampir yah gan ke bilik ane
http://mulyantamyname.blogspot.com

yes said...

I am really enjoying reading your well written articles. It looks like you spend a lot of effort and time on your blog. I actually got a new knowledge after reading the articles on this blog .. thanks... jual sepatu safety

Unknown said...

begtu yaa





www.PusatSepatuBagus.com

Indah Journal said...

bisa di coba ini
thanx

Unknown said...

informasinya bermanfaat untuk pengembangan saya pak.. terimakasih
www.sepatusafetyonline.com

darwisbong said...

mantap info nya pak , kepengen punya sepatu bikinan sendiri nih jadi nya

Unknown said...

sudah makin menjamur ya tukang sepatu wanita dan sepatu pria sekarang ini, sukses selalu buat yang bisnis di bidang ini ya

Unknown said...

info yang menarik kebetulan aku mau buka produksi sepatu di bogor

Unknown said...

Para pen-jual mesin musti tau nih gan :D

Unknown said...

Keren nih gan..

Butuh bantuan bikin trit di titikkoma.net

MOELJAY14 said...

ada yang mau re bran
ding ga/

wahdan nur andi gading said...

yg mau jual hasil karya nya sini sso7.simdif.com/

wahdan nur andi gading said...

yg mau jual hasil karya nya sini sso7.simdif.com/

Unknown said...

Hello, bisa bagi2 info dimana saya bisa mendapatkan cetakan sepatu yang menyerupai kaki manusia? Yang bahan kayu ato plastik lebih bagus buat pemula?

Unknown said...

Hello, bisa bagi2 info dimana saya bisa mendapatkan cetakan sepatu yang menyerupai kaki manusia? Yang bahan kayu ato plastik lebih bagus buat pemula?

blog zombie said...

sangat luar biasa sekali gan, terimakasih banyak infonya Obat Pendarahan Lambung Ibu Hamil
Obat Pendarahan Paru Paru

Saint.X said...

Terima kasih atas infonya, kemarin saya sempat bisnis sepatu secara home industri, tapi gagal karena kendala di sikap tukang yang tidak mendukung iklim bisnis. Masih banyak yang suka nyolong bahan, untuk dibuat sendiri di kampungnya, yang bekerja tidak mau sesuai tenggang waktu yang ditetapkan, danberbagai kendala akibat sikap tukang yang kurang baik. Sehingga akhirnya saya bubarkan saja. Sekarang saya bisnis online, bisa dilihat di http://istanabarangmurah.com . jika ada barang yang ingin dipasarkan [terutama sepatu] maka silahkan contact saya untuk saya coba pasarkan di website toko online saya. Terima kasih.

Unknown said...

keren gan tutorial membuat sepatu

Unknown said...

Yg lagi bisnis sepatu handmade ato custom model, kami siap melayani pembuatan shoelast n hak sesuai keinginan pembeli.. Bisa sepasang atau seri/kodi, harga juga terjangkau, kami siap mencarikan jasa pengiriman yg lebih murah dikarenakan berat shoelastukuran dewasa -+ 2kg, anak2 -+ 1kg. Hub i kami wa 085777077517.. Tanya gratis☺😊

Unknown said...

ada yang tau yang jual Kertas pengeras di mana

Unknown said...

tq infonya...
temen" yu gabung di http://bit.ly/28UpH0a selamat mencoba

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

yg minat sprei anti air, tersedia berbagai ukuran, polos dan motif silakan hubungi SMS / WA 0818 0610 9087

Unknown said...


For the sandals worn by the male type and model is not too much
togel sgp

rahma shop said...

terimakasih gan
http://9kes.com/

Tetrakursus said...

https://youtu.be/aJwODg-AeZo

expertshelp said...

What a nice post you got there. You have created one of the most professional and creative post, which i find to be highly creative and fascinating. I have to admit that your post is a master piece, and it would be a privilege to see more.
Coursework Editing Service

gunk said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Asalamualaikum Wr Wb,
Salam hormat ,
Perkenalkan , kami adalah Pengrajin-pengrajin handmade , lebih terfokus pengrajin sepatu,sandal,tas dan jaket .
Guna meningkatkan kualitas dan kecepatan kuantitas produksi, di utamakan Proritas dalam kerja Bengkel/Pengrajin kami .
.
Kami menerima Order/Pesanan pembuatan Sepatu,Tas,Jaket dll., untuk Sekolah, Kantor, Pedangang dan perorangan.
Cara Order pembuatan : Setelah ada kesepakatan waktu harga dan jumlah ,maka Kami akan membuat contoh produk nya , yang akan di nilai pemilik order .
Maka Kemitraan Sepatu Cibaduyut Bandung menerima :
Pesanan pembuatan sepatu model dan merk anda sendiri, baik satuanperorangan maupun partai .,Untuk pembuatan sepatu ini terlebih dahulu anda mengirimkan foto model sepatu yang dipesankannya di sertakan rincian dari mulai bahan,warna dan jumlah pesanan baru kami akan analisa waktu dan harga yang sesuai,serta garansi .
Setelah di sepakati, kami akan buat satu pasang model contohnya, dan di serahkan ke anda untuk menilai ,analisa dan koreksinya,jika cocok , maka order berjalan.
Mengenai harga sepatu biasanya akan ada perbedaan harga, sepatu yang sudah jadi atau pun order satuan harga akan jauh lebih mahal dari pada pesanan buat jumlah kodian/partai.
Untuk pemesanan silahkan kontak admin Sepatu Cibaduyut Bandung .
Cek : Facebook : Budiman.Helly (Sepatu Cibaduyut Bandung) .
Link Model contoh : https://web.facebook.com/budiman.helly/media_set?set=a.10206533832783385.1073741882.1797702082&type=3
Email : bandungcibaduyutsepatu@gmail.com
Wa : 083816381999
Bbm : 7D21FBAC
Waalaikumsalam Wr Wb .
Salam Hormat,Terima kasih .
UKM Kota Bandung : 0010/TDUK/I/2017/DPMPTSP & 0009/TDUK/I/2017/DPMPTSP

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Kami Jual Obat aborsi di semarang dalam bentoek paket, terdiri dari 2 jenis paket yang bisa anda pilih. Paket Standar yaitu memakai obat Cytotec saja dengan tingkat keberhasilan sekitar 90%. Paket Tuntas yaitu memakai 2 jenis Obat Penggugur Kandungan Mifeprex dan Cytotec (Standar FDA) dan pil pembersih, dengan tingkat keberhasilan sekitar 98%.

HARGA OBAT ABORSI USIA 1 BULAN :

Untuk usia 1 bulan dihitung dari tanggal terakhir menstuasi.

OBAT ABORSI 1 BULAN isinya adalah Cytotec asli pfizer USA / Gastrul (Misoprostol

200mcg) untuk paket STANDAR.

Untuk paket TUNTAS berisi Cytotec

asli pfizer USA / Gastrul (Misoprostol 200mcg) ditambah Tablet Mifeprex

(Mifepristone 200mg) dan Tablet obat pembersih.

STANDAR : Rp. 500.000,- (Misoprostol Cytotec)
TUNTAS : Rp. 750.000,- (Cytotec + Pembersih)

PEMESANAN

HUBUNGI :

(CALL / SMS) 082220264983

KAMI AKAN BALAS DENGAN MEMBERIKAN NO. REK KAMI

MURNI BISNIS

ANDA BUTUH, KAMI PERLU !!!

Unknown said...

jadi pengin bikin sendiri sepatu disamping di pakai sendiri kayanya untuk dibisniskan bagus

Ronald said...

Supply sole sepatu, pria anak, dan wanita berbahan piu,ringan, tahan lama, anti slip, kualitas sepatu import dng harga lokal, wa fast respon 0818828973, bagi yang memulai usaha di bidang sepatu jng ragu tanya2

Wanda hamidah said...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya Wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

Metalina simanjuntak said...

Ceck harga dong

Rifqi Suzuki said...

Dp cuman 5jt
Hanya di
www.suzukibogor.id

Link wa
Bit.ly/Rifqi_Suzuki

Post a Comment