Pages

PROSES PEMBUATAN POLA SEPATU Page 2



C. Pola rata- rata Acuan (mean form) Sepatu Wanita Model Pump

Telah dijelaskan mengenahi pengetahuan alat dan bahan pada BAB II, dalam pembuatan mean form tidak lepas dari alat dan bahan yang digunakan yaitu acuan sepatu, pisau potong, penggaris ukur/metline, gunting, pensil/tinta, uncek, sedangkan bahan yang dipakai adalah kertas padalarang/malaga dan pita rekat (paper tape).

Langkah kerja pembuatan mean form sebagai berikut:
1.   Siapkan acuan dengan bentuk yang akan dibuat.
2.   Balutlah acuan tersebut dengan pita rekat pada bagian samping, dalam dan luar. Penempelan pita rekat di mulai dari bagian depan acuan, terus melintang sampai ke atas.
3.   Lakukan penempelan pita rekat dengan teknik saling menumpang lebih kurang setengah dari lebar pita rekat.



4.   Setelah penempelan pita rekat sampai ke pinggang acuan, tempelkan bagian belakang acuan sampai pinggang dengan 2 (dua) buah pita penguat/penyokong yang saling mengkait. Hal ini dilakukan agar pada saat pelepasan paper tape dari bangun acuan, paper tape yang ada pada bagian pinggang tidak lepas.



5.   Teruskan penempelan pita rekat pada bagian samping luar dan samping dalam, hingga menutup bagian pinggang dan belakang acuan, pada bagian belakang dilakukan penempelan sejajar dengan acuan untuk menjaga ketelitian bentuk lengkung belakang acuan.
                 


6.   Setelah acuan terbalut seluruhnya, buatlah garis tengah untuk membagi acuan menjadi dua bagian yang sama besar. Pada garis belakang acuan tentukan titik C, yaitu titik counter, sedang pada garis punggung tentukan titik Vamp (V) yaitu titik batas bidang vamp dasar dari penentuan titik C dan V setelah terlebih dahulu mengetahui standar panjang telapak acuan.
                 

                 
7.   Potonglah pita rekat tepat di atas garis tengah.
8.   Lepaskan pita rekat dari acuan kemudian tempelkan pada kertas tebal sehingga mengahsilkandan bidang acuan sebelah luar. Rapikan masing-masing bidang sesuai dengan garis, sehingga menghasilkan form acuan sebelah dalam (A) dan form acuan sebelah luar (B).
                 

                 

                 
9.   Gambarkan form tersebut pada selembar kertas dengan ketentuan masing-masing titik V dan C pada form tersebut harus berimpit. Buatlah garis rata-rata (resultan) pada ke dua form tersebut, dengan demikian garis resultan tersebut merupakan mean form.



1  2  3

2 komentar:

belajar pola sepatu sandal said...

bagus banget gan.....

Unknown said...

kalau baca dimari sepertinya sangat simple ya membuat sepatu , tutorial nya keren bro , lanjutkan

Post a Comment